oleh

65 Casis Lanal Kendari Dikirim ke Panpus

Reporter : Andri Sutrisno

KENDARI – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kota Kendari mengirim 56 Calon Siswa (Casis) Bintara PK Angkatan Laut yang bakal bertarung di Panda Pusat (Panpus) untuk berjuang masuk menjadi anggota prajurit TNI AL.

Dari 56 casis yang dikirim, terdapat 4 orang casis wanita yang turut mengikuti seleksi yang rencananya akan digelar di Malang.

Danlanal Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Srimutia mengungkapkan 56 orang casis yang akan dikirim ke panpus telah melalui seleksi ketat di Lanal Kendari.

“Ini merupakan hasil dari seleksi tingkat daerah, dari 996 orang, saat ini tersisa 56 orang yang akan bertarung di panpus,” ucap Kolonel Laut (P) Andika Srimutia, Selasa 24 November 2020.

Seleksi kali ini, kata Andike, transparansi dan akuntabilitas merupakan senjata utama untuk menciptakan prajurit-prajurit unggulan di TNI AL.

“Tidak ada permainan sama sekali, tidak ada percaloan karena saya sudah menyampaikan secara tegas akan menindak apabila praktek itu terjadi dan ditemukan dalam proses seleksi ini,” tegasnya.

Selain itu, Danlanal juga mengapresiasi atas keberhasilan ke 56 orang casis tersebut karena telah mencapai nilai fisikotes terbaik dari seluruh daerah di Indonesia.

“Secara fisikotes mereka se-Indonesia. Panitia Daerah (Panda) Kendari mendapat nilai tertinggi, hampir 95% mendapatkan nilai C, kesamaptaan mereka juga bagus,” tuturnya.

Kuota Panda Kendari saat ini mengalami kenaikan dibanding tahun 2019 kemarin. Saat ini Panda Kendari mendapatkan kuota untuk Bintara PK pria Sebanyak 34 orang dan Bintara PK wanita 2 orang.

“Karena melihat nilai mereka sangat kompotitif, saya memberanikan diri untuk melaporkan penambahan jumlah mereka sebanyak 56 orang. Alhamdulilah panpus mengizinkan,” tandasnya. (2).

Terkini