oleh

Alat Musik Tradisional Sultra Tampil di Ajang Nasional

-Kendari-464 dibaca

Reporter : Rahmat R.

KENDARI – Provinsi Sulawesi Tenggara (Sulta) ikut andil dalam ajang Pameran Nasional Nusantara Tahun 2020. Dalam kesempatan kali ini daerah dengan julukan Bumi Anoa ini memamerkan alat musik tradisional, seperti kandauta dan gambus.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio mengatakan pameran nasional alat musik tradisional nusantara tahun 2020 tersebut berlangsung di Museum Siwalima, Kota Ambon, Provinsi Maluku.

“Pameran alat musik Tradisional Nusantara bertajuk Simfoni Cinta Nusantara, dimana dapat menjadi alternatif hiburan yang bersifat edukatif kepada masyarakat, kultural serta mampu memberikan energi positif, menguatkan tubuh dan jiwa bagi penyelenggara, peserta pameran, dan pengunjung pameran di bumi raja-raja itu, ” ungkap Asrun saat dikonfirmasi via WhatsApp, Rabu 11 November 2020.

Ia menyebut, tujuan pameran ini sangat idealis. Sebab, pameran itu dapat melestarikan musik tradisional di Indonesia.

“Ini sangat menarik, sebab dengan pameran ini dapat mengenalkan alat musik tradisional kepada masyarakat luas tentang keberagaman alat musik yang ada di Indonesia,” tuturnya.

Asrun berharap dengan diadakannya pameran musik tradisional seperti ini akan dapat terus melestarikan bentuk kekayaan budaya yang ada di Indonesia.

“Acara seperti ini akan terus memupuk kekayaan budaya lokal kita,” ujar Akademisi UHO itu. (3).

Terkini