oleh

Ali Mazi : Manfaatkan Momen Hari Pahlawan Berjuang Melawan Covid-19

-Kendari-292 dibaca

Reporter : Rahmat R.

KENDARI – Momen Hari Pahlawan 10 November 2020 menjadi kesempakan yang baik untuk Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi dalam rangka mengenang momen yang krusial tentang perjuangan para pahlawan yang berjuang di masa lalu demi kemerdekaan tanah air.

Dalam momen ini “Pahlawanku Sepanjang Masa” menjadi tema sentral peringatan Hari Pahlawan Nasional (Harwan) 2020. Ungkapan itu secara filosofis memaknai sebuah upaya yang dapat kita lakukan untuk sepanjang masa mengenang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah rela mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Prosesi sepanjang masa Bangsa Indonesia itu, juga ditabalkan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H Ali Mazi, SH dan Wagub Sultra Dr H Lukman Abunawas, SH yang menapak-tilasi semangat kejuangan para pendahulu negara ini dengan ketakziman.

Gubernur Ali Mazi memimpin upacara Hari Pahlawan Nasional 2020 di Taman Makam Pahlawan Baruga, Kota Kendari. Sedangkan Wagub Lukman Abunawas juga melakukan hal yang sama di dermaga Pelabuhan Nusantara Kendari.

“Seperti yang dikutip dari akun facebook Jubir Gubernur Sultra, pagi ini, 10 November 2020, tepat pukul 09.00 WITA, Gubernur Ali Mazi memimpin Penghormatan Umum dan Ziarah dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan 2020. Tentu tidak seperti tahun sebelumnya, upacara kali ini digelar dengan konsep sederhana dan menjalankan protokol kesehatan secara ketat,” tulis Ilham Q. Moehiddin selaku Jubir Gubernur Sultra.

Rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang dipimpin oleh Komandan Upacara dari unsur TNI-AL. Kemudian, dalam suasana hening, sirene dibunyikan selama 60 detik untuk mengenang Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, yang dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh Gubernur Ali Mazi selaku Inspektur Upacara.

“Gubernur Ali Mazi kemudian meletakkan karangan bunga dan diikuti dengan pembacaan doa bagi arwah para pahlawan,” terangnya.

Selepas rangkaian upacara peringatan, Gubernur Ali Mazi bersama seluruh kelengkapan upacara dengan didampingi oleh sejumlah jajaran terkait menuju pusara para pejuang kemerdekaan yang gugur di Sulawesi Tenggara untuk melaksanakan tabur bunga.

Perjuangan para pahlawan harus senantiasa menginspirasi setiap anak bangsa hari ini untuk meneruskan prinsip-prinsip dasar kesetaraan, toleransi, dan persaudaraan, termasuk berjuang menumpas segala permasalahan daerah dan negara: kemiskinan, radikalisme, narkoba, dan melawan pandemi Covid-19.

“Jasa para pahlawan semestinya menjadi energi tambahan untuk menggugah kesadaran seluruh elemen bangsa yang terus mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, serta membantu sesama manusia sesuai kemampuan dan profesi masing-masing,” cetus pria yang akrab disapa Ilo ini.

Gubernur Ali Mazi, dalam unggahannya di akun Instagram pribadinya, mengatakan bahwa partisipasi dan semangat kepahlawanan akan menguatkan kedisiplinan melaksanakan protokol kesehatan agar masyarakat Sultra memenangkan perjuangan melawan pandemi virus Corona.

“Melalui peringatan Hari Pahlawan Nasional 2020 di tengah pandemi Covid-19, diharapkan masyarakat juga dapat turut berpartisipasi dan menggunakan semangat serta nilai kepahlawanan dengan saling menguatkan kedisiplinan menaati protokol kesehatan,” tulis Gubernur Ali Mazi.

Turut hadir dalam acara tersebut di antaranya Ketua DPRD Sultra, Komandan dan jajaran perwira di Korem, Lanal dan Lanud, Kapolda Sultra, serta sejumlah pimpinan OPD Pemprov Sultra. (3).

Terkini