Animo Penukaran Uang Jelang Lebaran Menurun Gegara Corona

Reporter: Ferito Julyadi / Editor: La Ode Adnan Irham

KENDARI – Momen Ramadan dan Idul Fitri, biasanya masyarakat memiliki kebiasaan atau tradisi menukar uang dalam pecahan kecil. Namun, hal itu cenderung menurun di tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Sulawesi Tenggara (Sultra), Surya Alamsyah.

“Hingga Mei 2020 ini, hanya sekitar 46 persen, berbeda dengan tahun sebelumnya,” ujar Surya, mewakili Kepala BI Sultra, Suharman Tabrani, Selasa 19 Mei 2020.

Lanjutnya, hal tersebut dikarenakan wabah Coronavirus Desease 2019 (Covid-19) di Sultra, dan adanya pemberlakuan Social Distancing menyebabkan masyarakat enggan mendatangi tempat ramai, salah satunya Bank.

Meskipun demikian, BI Sultra tetap membuka layanan penukaran uang dengan tetap memperhatikan standar keamanan dan tetap menjaga prinsip social distancing.

“Kami tetap membuka layanan penukaran uang, dan untuk hal itu kami bekerjasama dengan 21 Perbankan di 80 lokasi untuk melayani penukaran,” katanya.

Ia juga memastikan uang yang masuk dan dikeluarkan pun sebelumnya sudah dikarantina, dan melalui proses sterilisasi. (B)

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda