oleh

BLK Kendari dan DPRD Sultra Sinergikan Program Kerja

-Kendari-67 dibaca

Reporter : Betirudin

KENDARI – Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai sinergikan program-program kerja sesuai kebutuhan masyarakat.

Proses tersebut diawali dengan silaturahmi yang dilakukan Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu bersama rombongan kepada Ketua DPRD Sultra H. Abdurrahman Shaleh, Bertempat di Ruang Kerja Ketua DPRD Sultra, Senin malam 14 Juli 2020.

Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu dalam agenda tersebut juga melaporkan hasil kerja-kerja BLK Kendari sebelum Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) melanda dan setelah melanda hingga saat ini.

“Informasi ini penting kita sampaikan agar program kerja kita sama, sebagaimana target yang diinginkan,” ucapnya.

Ia menjelaskan, BLK Kendari memiliki beberapa jenis paket pelatihan, seperti boarding atau pelatihan yang siswanya di asramakan, non boarding atau pelatihan yang siswanya tidak di asramakan dan Mobile Training Unit atau pelatihan yang dilaksanakan di desa-desa pada setiap kabupaten/kota.

“BLK Kendari adalah Lembaga Pelatihan bagi calon tenaga kerja yang belum memiliki skill kompeten dengan belasan kejuruan yang kami buka, dimana pelatihannya disebut Pelatihan Berbasis Kompeten (PBK). PBK inilah yang menjadi kegiatan inti bagi BLK Kendaei, akan tetapi karena pandemik Covid-19 maka kami selenggarakan pula pelatihan Tanggap Covid-19 dengan pelatihan meliputi pembuatan masker, pembuatan wastafel, dan memasak, serta pembuatan disinfektan,” bebernya.

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kemnaker RI ini juga meminta kepada Ketua DPRD Sultra untuk mendukung dan sekaligus memberikan arahan agar program-program yang dilakukan oleh BLK Kendari benar-benar dapat menjawab kebutuhan masyarakat terutama dalam meningkatkan keahliannya dalam rangka mencari kerja atau menciptakan lapangan kerja.

“Kita berencana membuka paket pelatihan otomotive alat berat agar masyarakat kita yang ingin bergelut di wilayah kerja pertambangan bisa memiliki daya saing,” ujarnya.

Sementara itu, Abdurrahman Shaleh mengucapkan terimakasih atas kunjungan silaturahmi Kepala BLK Kendari bersama rombongan.

“Terimakasih banyak atas kunjungannya, apalagi agenda silaturahmi ini sekaligus mensinergikan program kerja kedua lembaga” katanya.

Ia mengaku mendukung keinginan BLK Kendari untuk mengusahakan tambahan perluasan bagi BLK Kendari untuk menjadi lokasi pembangunan workshop alat berat.

“Kami menaruh harapan besar kepada BLK Kendari untuk memberikan keterampilan bagi masyarakat Sultra. Untuk itu inovasi pelatihan di sana sangat penting dan perlu diapresiasi. Kami juga mengucapkan terima kasih atas segala kegiatan positif BLK Kendari dalam bersinergi Program dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), terutama perannya dalam tanggap Covid-19 sebagai upaya bersama kita dalam memutus mata rantainya di Sultra,” tutupnya. (c).

Terkini