oleh

BLK Kendari Target Latih 2000 Peserta di Tahun Ini

-Kendari-218 dibaca

Reporter : Ferito Julyadi

KENDARI – Untuk mendukung penciptaan sumber daya manusia (SDM) tenaga kerja yang mumpuni, Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari menargetkan untuk bisa melatih keterampilan bagi 2000 peserta.

Target tersebut dipaparkan Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu dihadapan Ditjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemenaker RI, Budi Hartawan di Aula BLK Kendari, Kamis 21 Januari 2021.

La Ode Haji Polondu menuturkan, di tahun 2021 ini, pihaknya menargetkan bisa melatih lebih dari 2000 peserta didik, yang akan dilatih dalam 14 kejuruan pelatihan di BLK Kendari.

Selain di BLK Kendari, nantinya ribuan peserta tersebut juga akan dilatih di BLK UPTD binaan yang ada di Kabupaten Kolaka, Konawe Selatan (Konsel) Kolaka Utara (Kolut), Buton, Buton Utara (Butur) dan Konawe Utara (Konut).

“Semoga tahun ini jumlah peserta lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Melihat kondisi yang saat ini sudah lebih normal dibandingkan kemarin, dan dengan kondisi saat ini kami berharap target kami bisa tercapai,” terang La Ode Haji Polondu.

Untuk informasi, BLK Kendari diawal tahun 2021 ini telah membuka pelatihan berbasis kompetensi (PBK) istitusional non boarding tahap I, untuk 15 kejuruan keterampilan dengan 240 peserta.

Adapan 15 jurusan yang dilatih yakni pengelolaan admministrasi perkantoran, audio video, operator komputer asistant, desain grafis, surveyor, asisten pembuat pakaian, menjahit pakaian dewasa.

Selanjutnya, pengelasan smaw 3G, barista, hidroponik, pembuat roti, teknisi handphone celuler, tata kecantikan rambut, tata kecantikan kulit, teknisi instalasi tenaga.

Karena masih dimasa pandemi, pelatihan kerja di BLK Kendari akan dilaksaakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan covid-19, dengan mewajibkan peserta menggunakan masker, jaga jarak dan rajin mencuci tangan. /C

Terkini