oleh

BMPD Sultra Catat Realisasi Dana Desa Capai Angka Rp 1 Triliun

-Kendari-229 dibaca

Reporter : Ferito Julyadi

KENDARI – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Provinsi Sultra mencatat realiasasi penyaluran dana desa di 15 kabupaten kota per 20 Desember 2020 mencapai angka Rp 1 Triliun.

Kepala Dinas (Kadis) BMPD Sultra, H Tasman Taewa menuturkan, dari 1.911 desa yang ada di Sultra, hanya 1.859 desa yang menerima dana desa.

“Itu dikarenakan terdapat 52 desa di Kabupaten Konawe yang masih tergolong desa persiapan, bukan definitif,” ujar Tasman Taewa saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 11 Desember 2020.

Tasman berharap, ke-52 desa di Konawe tersebut di tahun ini bisa cepat diurus masalah ke-definitifan-nya untuk bisa mendapatkan dana desa itu.

Sementara itu, terkait penyaluran dana desa tahun 2021, kata Tasman, pihaknya belum mengetahui jadwal pastinya. Sebab masih menunggu arahan pemerintah pusat.

Pihaknya hanya dapat menyampaikan bahwa realisasi dana desa akan dilakukan selama satu tahun penuh (Januari-Desember) yang terbagi dalam beberapa tahap.

“Penyaluran dana desa untuk 2021 masih belum bisa dipastikan kapan, itu masih menunggu Peraturan Menteri Keuangan (Pemka),” terangnya.

Tidak hanya itu, penyaluran dana desa dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Desa (RKUD) saat ini sedang menunggu Pemka.

“Sehingga belum ada waktu pasti akan akan disalurkan. Kami pun masih menunggu SK dari Bupati terkait desa-desa penerima yang ada pada wilayah mereka,” tutupnya. /B

Terkini