oleh

BP Jamsostek Pakai Layanan Online, Begini Prosesnya

Reporter: Taswin Tahang / Editor: La Ode Adnan Irham

KENDARI – Bantu mengurangi dampak penyebaran Covid-19 di Sulawesi Tenggara (Sultra), BPJAMSOSTEK atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Kendari membuka sistem pelayanan berbasis online untuk mengurangi waktu tatap muka dengan peserta.

Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Kendari, Muhyiddin menjelaskan pihaknya punya layanan Tanpa Kontak Fisik (LapakAsik), yang sudah diterapkan sejak 23 Maret dan akan berakhir 22 April.

“Peserta dapat melakukan klaim melalui antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id dan mengisi data sesuai yang tertera pada sistem,” jelasnya ketika dihubungi melalui ponsel.

Sebelumnya peserta mengambil antrian online dan melakukan upload dokumen ke email [email protected], sehari sebelum tangal antrian yang mereka ambil, kemudian kami akan melakukan Video Call untuk verifikasi berkas disesuaikan dengan berkas asli.

“Sediakan kartu peserta, KTP, kartu keluarga, surat keterangan kerja, buku rekening yang tertera nomor rekening yang masih aktif, foto diri, formulir pengajuan JHT yang telah diunduh
di situs antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id dan yang terakhir NPWP dengan klaim manfaat JHT saldo minimal Rp. 50.000.000,” ungkapnya.

Sedangkan peserta terhitung sejak dibuka sampai hari ini sudah tercatat kurang lebih 377 peserta telah membayarkan klaim sebesar Rp 1.427.625.897 pertangal 23 Maret sampai selesainya pandemi Covid-19

“Jaminan Hari Tua (JHT) Rp 933.812.290, Jaminan Kecelakaan Kerja Rp 386.190.477, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKM) Rp 78.000.000 dan Jaminan Pensiun (JP) Rp 29.623.130,” pungkasnya.

Terkini