oleh

BPJN Sultra : Cuaca Picu Kerusakan Jalan Nasional di Sultra

Reporter: Dila Aidzin

KENDARI – Kerusakan badan jalan nasional di Sulawesi Tenggara (Sultra) selain disebabkan oleh kendaraan over dimensi dan over load (ODOL) juga bisa disebakan oleh faktor cuaca.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Tenggara, Dr. Ir. Yohanis Tulak Todingrara, MT mengatakan selain kendaraan ODOL faktor cuaca juga menjadi salah satu pemicu penyebab kerusakan jalan.

“Walaupun demikian pemicu kerusakan jalan itu bukan hanya ODOL tapi ada juga faktor alam seperti pada bulan-bulan tertentu ada yang masih banjir. Namun ketika sementara banjir kemudian ODOL lewat ya itu pemicu kerusakannya makin tinggi,” ucapnya saat hadir di Acara Bincang Kita Program Mek.Tv Sabtu, 18 September 2021.

Lebih lanjut Tulak mengatakan langkah yang dilakukan agar pengguna jalan bisa menggunakan jalan sesuai dengan peruntukannya adalah melakukan sosialisasi tentang rambu-rambu lalulintas, selain itu, sosialisasi seperti yang sudah berjalan sekarang sampai pada penindakan hukum secara terukur
Tulak berharap dalam hal penertiban dan penindakan hukum harus ada kesepahaman tentang dampak dari kendaraan ODOL dan juga juga harus ada integrasi antara prasarana, sarana, dan pelaku usaha.

“Tentunya yang kita harapkan adalah adanya tujuan yang sama dan pemahaman ketika kita bicara bahwa ODOL ini berdampak pada keselamatan lalulintas, ,” harapnya.

Terkini