oleh

Dinkes Kendari Sebut Masyarakat Berpotensi Kena ISPA di Musim Pancaroba

Reporter : Febi Purnasari

KENDARI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari meminta masyarakat agar meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PBHS) memasuki musim pancaroba ini.

Kepala Dinkes Kota Kendari, dr. Rahminingrum mengatakan memasuki peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau ini berpotensi diserangnya penyakit Inpeksi Saluran Pencernaan Atas (ISPA).

“Ini kan kemarau, suhu tinggi. Apalagi perubahan dari musim hujan ke musim kemarau mudah terserang penyakit disebabkan perubahan temperatur suhu dari panas ke dingin jadi harus diimbangi dengan daya tahan tubuh yang lebih prima ,” kata dr. Rahminingrum kepada Mediakendari.com, Senin 24 Agustus 2020.

dr Rahminingrum menuturkan, dicuaca seperti ini penyakit ISPA rentan menyerang tubuh seseorang. “Penyakit di musim pancaroba ini, umumnya seseorang akan mudah mengalami gangguan kesehatan seperti meriang, batuk, pilek hingga Ispa,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ia mengimbau masyarakat mengimbangi aktivitas dengan mengkonsumsi air minum yang cukup, gizi, serta suplemen yang cukup.

“Tidak jauh beda dengan protokol covid. Tetap menjaga kebersihan perilaku hidup bersih dan sehat sering cuci tangan dan sering konsumsi air putih,” tutupnya.

Terkini