oleh

Dishub Sultra Rencana Perbaiki Pelabuhan Penyeberangan Kendari-Wawonii Tahun Depan

-Kendari-1.088 dibaca

Reporter : Rahmat R.

KENDARI – Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggara (Sultra) berencana untuk memperbaiki Pelabuhan Penyebaran Kota Kendari yang menjadi tempat berlabuhnya Kapal Feri Kendari tujuan Wawonii di 2021 atau tahun depan.

Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina menjelaskan, wacana perbaikan pelabuhan penyebrangan tersebut akan menggunakan anggaran pendapatan belanja negara (APBN) yang saat ini masih diloby di Pemerintah Pusat. Sebab, saat ini pihaknya tidak mempunyai anggaran pemeliharaan untuk pelabuhan penyebrangan.

“Pelabuhan penyeberangan untuk kapal fery itu memang sudah puluhan tahun dibangun dan nyatanya telah banyak kerusakan. Langkah perbaikan yang kami lakukan saat ini dengan melobi pemerintah pusat,” ungkap Hado Hasina ditemui beberapa waktu lalu.

Ia menyebut, usia pelabuhan penyebrangan Kendari – Wawonii itu sudah berusia kurang lebih 30 tahun. Namun tidak pernah ada perbaikan. Sejauh ini, kata Hado, pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra sudah tahap pembicaraan untuk perbaikan pelabuhan penyeberangan tersebut.

“Alhamdulillah, kita sudah membicarakan ini dengan pemerintah pusat. Insya Allah tahun depan akan dianggarkan untuk renovasi dengan skema APBN. Semoga itu dapat terealisasi. Sebab, ada banyak administrasi yang perlu kami siapkan,” bebernya.

Ia merinci, perhitungan anggaran untuk perbaikan jembatan ini sekitar Rp 5 sampai 7 miliar.

“Rencananya bakal dianggarankan lima sampai tujuh miliar rupiah. Kita berharap semoga semoga dapat di acc dan pelabuhan penyeberangan kita bisa lebih baik dan tidak bahaya jika dimanfaatkan masyarakat,” imbuhnya. (3).

Terkini