oleh

Duduk Bareng Menkop dan UMKM, Kendari Kreatif Usul Pengembangan Industri Kreatif di Sultra

-Kendari-262 dibaca

Reporter : Rahmat R.

KENDAR – Komunitas Kendari Kreatif mengsulkan sejumlah program dalam tatap muka bersama Kementerian Koperasi, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Menkop dan UMKM) Teten Masduki.

Pertemuan tersebut sendiri digelar, Sabtu 12 Desember 2020 dalam rangkaian Menkop dan UMKM Teten Masduki di Sulawesi Tenggara (Sultra), yang diinisasi komunitas Kendari Kreatif dan Sultra Creative Forum.

“Kami membuat usulan apa saja yang menjadi kebutuhan pelaku UMKM terutama industri kreatif di Sultra, untuk diketahui atau upaya yang bisa dilakukan Kemenkop dan UMKM,” terang Ketua Kendari Kreatif, Racil.

Menurutnya, Menkop dan UMKM Teten Masduki mengapresiasi berkembangnya berbagai industri kreatif di Sultra terutama di sektor pariwisata serta komoditas seperti kakao, kacang mete maupun produk unggulan lainnya.

“Mentri berharap ada upaya membangun ikatan antara UMKM, salah satunya dengan BI Sultra, karena BI punya komitmen terhadap UMKM,” ujarnya.

Diharapkannya, lewat kolektivitas dan jejaring ini dapat mengantar potensi unggulan yang ada di Sultra masuk dalam suplai chain nasional maupun internasional, dan tentu di butuhkan gerak padu bersama stakeholder.

“Pemprov, Pemkab dan Pemkot kiranya dapat bersinergi dengan para pelaku UMKM, karena pemerintah pusat siap memfasilitasi cara, pola dan model bisnis yang tepat,” pungkasnya.

Hadir dalam pertemuan ini, ratusan pelaku indistri kreatif dari youth entrepreneur solution, ayomibeli.com, brand to lucky dela, Komunitas Kendari Kreatif dan Sultra Creative Forum. /C

Terkini