oleh

Gedung IC RSUD Kota Kendari Resmi Digunakan, Bisa Rawat Pasien Covid-19

Reporter : Febi Purnasari

KENDARI – Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir meresmikan penggunaan Gedung Infection Center (IC) atau pusat penanganan penyakit infeksi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari.

Gedung IC yang berada di bagian belakang area RSUD Kota Kendari ini mulai dibangun menggunakan dana APBD dan Dana Insentif Daerah (DID) pada awal Agustus 2020 dan rampung pada November 2020 lalu.

Peresmian gedung IC ini ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, sebagai tanda dimulainya penggunaan gedung tersebut.

“Sebelumnya pelayanan penyakit infeksi itu tersebar di empat area, jadi ada potensi terjadi kontaminasi dengan pasien lain. Dengan dipusatkan di satu tempat, potensi itu bisa kita bilang tidak ada. Jadi gedung ini memang dirancang untuk penyakit infeksi, termasuk covid-19,” kata Sulkarnain Kadir.

Menurutnya, meskipun gedung IC sudah dapat digunakan hari ini. Namun dirinya berharap agar masyarakat Kota Kendari tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19.

“Kalau kita sama-sama tidak disiplin, ruangan yang ada disini tetap tidak cukup juga. Jadi saya harap protokol covidnya dijaga, sehingga tidak perlu dirawat diruangan ini,” ujarnya.

Dijelaskanya, untuk fasilitas kesehatan yang ada di gedung IC yakni dilengkapi dengan Instalasi Gawat Darurat (IGD), Laboratorium, ICU , serta ruang perawatan pasien dengan puluhan ranjang.

“Daya tampungnya ada 40 bed, ini sudah dilengkapi dengan AC, oksigen sentral, hepa filter, exhousefan, kamar mandi, ruang terbuka, dan pemulasaran jenazah,” pungkasnya.

Terkini