oleh

Gelombang Tinggi di Perairan Sultra Diprediksi Terjadi Tiga Hari Mendatang

-Kendari-521 dibaca

Reporter : Ferito Julyadi

KENDARI – Masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) diminta wasapadai gelombang tinggi yang akan terjadi dibeberapa perairan selama tiga hari kedepan.

Melalui surat edaran Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultra menyampaikan, 04 Januari 2021 pukul 20.00 WITA – 07 Januari 2021 pukul 20.00 WITA akan terjadi diperairan Sultra.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Adi Istyono menyampaikan, nantinya pola angin dari Barat Laut sampai Timur Laut dengan kecepatan 2-25 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di wilayah Perairan Selatan Wakatobi dan Laut Banda Timur Sultra bagian Selatan,” terangnya.

Perairan yang berpeluang terjadi gelombang tinggi 1.25-2.5 meter, yakni Laut Banda Timur Sultra bagian Barat, Perairan Baubau bagian Utara, Perairan Baubau bagian Selatan, Perairan Utara Wakatobi bagian Barat dan Perairan Utara Wakatobi bagian Timur

Sedangkan untuk tinggi gelombang mencapai 2.5-4.0 meter berpeluang terjadi di Laut Banda Timur Sultra bagian Selatan, Perairan Selatan Wakatobi bagian Barat dan Perairan Selatan Wakatobi bagian Timur.

Adi meminta untuk memperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, khususnya para nelayan yang berada disekitar periaran tersebut.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” imbaunya.

Terkini