oleh

Harganas Ke-28: BKKBN Pusat Tetapkan BKKBN Sultra Juara Satu dan Konawe Juara Tiga Pelayanan Sejuta Akseptor

Reporter: Dila Aidzin
Editor: Sardin.D

KENDARI – BKKBN Sulawesi Tenggara (Sultra) memenangkan Lima kategori dari sepuluh kategori Pelayanan keluarga Berencana Serentak sejuta akseptor dalam rangka Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-28 tahun 2021 oleh BKKBN Pusat.

Penetapan BKKBN Sultra keluar sebagai juara satu, dalam klasifikasi pelayanan10 Ribu sampai 60 Ribu  pada total capaian pelayanan KB tingkat provinsi. Tak hanya itu, BKKBN Sultra memenangkan juara satu pada kelompok tingkat provinsi target  KB MKJP kurang dari 1.500. Ditambah Juara satu capaian Implan tingkat provinsi, dan juara tiga pada kategori capaian IUD tingkat provinsi. Sementara itu BKKBN Kabupaten Konawe meraih juara Tiga pada kelompok 500 sampai 1500 kategori Total Capaian Pelayanan KB Tingkat Kabupaten/Kota.

Sebenarnya dalam Perayaan Harganas ke 28,  BKKBN Sultra juarai 5 katergori  sekaligus. Namun, dari 5 kategori 1  kategori dimenangkan  Kabupaten Konawe sebagai juara tiga dalam lomba pelayanan sejuta akseptor. Ketetapan tersebut diputuskan berdasarkan SK Nomor 102/KEP/E1/2021 tentang penetapan pemenang pelayanan keluarga berencana serentak sejuta akseptor.

 

Baca Juga: BPKAD Sultra Percepat Pembahasan APBD Perubahan dan APBD 2022 Agar Tepat Waktu

Kepala Perwakilan BKKBN Prov Sultra, Drs Asmar  M.Si mengatakan bahwa BKKBN baru pertama kali mengadakan kegiatan sekali gerak dan pelayanannya bisa mencapai satu juta akseptor.  Dalam pengklasifikasian lomba pelayanan baru dilakukan tahun 2021 ini yang diklasifikasikan menjadi 10 kategori.

“Tahun pertama dulu tidak pengklasifikasian kategori lomba seperti ini tapi tahun ini kemudian dipisah pisahkan itu ada 10 kategori. Dari sepuluh kategori itu Sultra masuk dilima kategori. Lima kategori tersebut diantaranya adalah total capaian pelayanan KB Tingkat Provinsi, total capaian pelayanan KB tingkat kabupaten/kota, capaian Keluarga Berencana Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (KB MKJP) tingkat provinsi, capaian IUD tingkat provinsi, capaian implant tingkat provinsi,”urainya

Asmar juga menuturkan kegiatan ini merupakan tahun kedua Sultra memenangkan lomba yang diadakan oleh BKKBN Pusat. Namun, pada  tahun pertama, BKKBN Sultra mendapatkan piagam penghargaan pada kategori pelaporan terbaik. Dengan pencapaian ini, merupakan capaian yang harus tetap dipertahankan lalu kemudian dapat ditingkatkan.

“Terutama saya harapkan kepada teman-teman BKKBN agar lebih giat lagi apalagi ini memang sudah juara tentunya harus dipertahankan itu yang sulit. Jadi sulit kita mempertahankan daripada kita perjuangkan biasanya seperti itu,” tukasnya.

Terkini