oleh

IKA STM/SMKN 2 Kendari Berbagi Melalui TJB Sebagai Bentuk Kepedulian Pada Masyarakat Kurang Mampu

Reporter: Dila Aidzin
Editor: Sardin.D

KENDARI – Kekompakan Sekolah Teknologi Menengah (STM) kembali dibuktikan dengan membentuk Tim Jumat Berkah (TJB) yang tergabung dalam Ikatan Alumi (IKA) STM/SMKN 2 Kendari. Kegiatan Jumat Berkah ini diadakan setiap minggunya di hari Jumat. Kegiatan ini setiap minggunya dilakukan dibeberapa tempat berbeda dan bahkan kegiatannya dilakukan di luar Kota Kendari.

Kordinator Tim Jumat Berkah (TJB), Haji Asri mengatakan bahwa kegiatan ini telah dijadwalkan untuk bergerak secara rutin pada hari Jumat dan terus dilakukan sejak dibentuk kurang lebih 6 bulan yang lalu.

“TJB ini terbentuk kurang lebih 6 bulan, TJB ini sudah lama berjalan dan tidak pernah putus. serta di support mediakendari.com dan Mek. Tv. Pokoknya tiap jumat itu jalan terus walaupun hujan jalan terus sejak dibentuk. Ini sudah terjadwal. Bahkan diluar kota Kendari sampai kolaka kita sudah pernah Konawe, Kolaka kita sudah kesana,” ujar Haji Asri saat diwawancarai di kediamannya.

Selain itu Haji Asri mengungkapkan, tujuan dibentuknya TJB merupakan kegiatan inspiratif agar bisa menginspirasi alumni maupun di luar alumni sebagai wadah kegiatan sosial untuk menyalurkan dan mencurahkan rasa ingin berbagi IKA STM/SMKN 2 Kendari kepada masyarakat yang kurang mampu. Sebelum menyalurkan bantuan yang telah disiapkan, TJB melakukan survei diberbagai tempat yang dianggap terdapat masyarakat kurang mampu. Hal ini dilakukan agar bantuan yang disalurkan oleh TJB itu tepat sasaran, artinya yang menerima merupakan orang yang benar-benar membutuhkan bantuan tersebut.

“Memang yang kita tuju itu betul betul orang yang tidak mampu dan yang layak menerima. Jadi sebelum kita adakan pembagian kita survei dulu yang cocok yang mana kita mau kasi, yang betul-betul yang berhak yang menerima.  Lokasinya juga dilakukan di tempat-tempat berbeda karena semua alumni kita libatkan dimanapun di Kota Kendari ini kalau ada informasi kalau disini ada masayarakat yang betul-betul yang layak kita survei, kalau memang oke kita langsung bergerak ke sana,” ungkapnya

Baca Juga: FRAKSI Sultra Laporkan Bendahara Pengeluaran Dikbud Konut ke Kejati 

Haji Asri selaku Kordinator TJB mengharapkan kedepannya TJB bisa menjadi lebih besar dan bantuan yang diberikanpun bisa jauh lebih besar.

“Harapannya TJB bisa lebih besar dari yang sekarang dan lebih banyak lagi teman-teman yang bergabung dan kalau bisa bukan alumni saja,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Umum IKA STM/SMKN 2 Kendari Muhamad Tahir, S.Hut. mengatakan bahwa, memang kegiatan ini sudah lama berlangsung dan berangkat dari rasa kepedulian sesama teman-teman alumni STM. Dia juga mengungkapkan bahwa sebelum kegiatan dilakukan, TJB terlebih dahulu melakuakn koordinasi dengan pengurus-pengurus yang lain.

“Sebelum kegiatan dimulai memang awalnya dulu dibicarakan dengan pengurus salah satunya saya yang hadir disitu dan semua pengurus mendukung makanya sampai sekarang masih berjalan,” ujar Muhamad Tahir.

Sebagai Ketua IKA STM/SMKN 2 Kendari, Muhamad Tahir sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan TJB karena menggugah kepedulian alumni terhadap masyarakat sekitar maupun dengan lingkungan alumni sendiri. Sebagai ketua, dia juga seringkali mengikuti berbagai kegiatan yang dilakukan oleh TJB untuk menyalurkan bantuan.

“Jadi rasa berbagi itu bagusnya ditingkatkan, sebagai pribadi alumni memang dikenal kalau di alumni STM itu namanya kekompakan bisa dikatakan dikedepankan. Kalau untuk kegiatan-kegiatan seperti ini apalagi yang sifatnya sosial biasanya responnya sangat tinggi,” tukasnya.

Respon masyarakat terhadap kegiatan ini juga sangat baik. Salah satu penerima bantuan TJB yang dilakukan di TPA Puuwatu hari ini, Sukim (76) saat dikonfirmasi oleh wartawan Media Kendari sangat berterimakasih dan bersyukur dengan adanya bantuan ini. Terlebih lagi dimasa pandemi Covid-19 seperti ini masyarakat kesulitan untuk mengais rejeki.

“Terimakasih, saya sangat bersyukur dengan bantuan ini, semoga IKA STM/SMKN 2 Kendari diberi kesehatan, Panjang umur, dilancarkan rejekinya,” pungkasnya.

Sebagai informasi pihak Team Jumat Berkah (TJB) juga menyediakan saluran donasi melalui rekening BRI 019201000308562 atas nama Abdullah, selain itu bisa hubungi Bendahara TJB Haji Abdullah 0813-4272-1427.

 

 

 

Terkini