oleh

Jumlahnya Capai 40 Persen, Pemilih Muda di Koltim Punya Andil Sukseskan Pilkada

Reporter : Sardin.D

KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Timur (Koltim) menyatakan partisipasi pemilih muda turut menjadi penentu suksesnya penyelenggaraan Pilkada 2020.

Pasalnya pemilih muda di Koltim memiliki jumlah yang cukup signifikan yakni mencapai 40 persen, dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada 2020 sebanyak 83.984 orang.

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kolaka Timur Murhum Halik mengungkapkan, pemilih muda adalah mereka yang berada pada rentan umur 20 sampai 30 tahun.

“Pemilih muda ini banyak mengakses informasi dari media sosial dan media daring. Ini jadi tugas kami untuk sosialisasi,” kata Murhum Halik saat menjadi bintang tamu pada acara Bincang Kita MEK.TV, Kamis 5 November 2020.

Guna mendukung sosialisasi tersebut, kata Murhum, pihaknya telah membentuk relawan demokrasi dengan keanggotaan hampir 90 persenya adalah pemuda.

“Anggota yang terlibat adalah pemilih pemuda dari jumlah 60 orang dan telah melakukan sosialisasi, untuk spirit baru dan semangat baru dalam menyukseskan Pilkada 2020,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi,Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat Dan Sumber Daya Manusia KPU Koltim, Ashari Malaka berharap pemilih muda memaknai arti pesta demokrasi ini.

“Pemilih muda seharusnya pemilih dengan jiwa yang kritis bisa memilih dan menentukan pimpinanan yang betul-betul demokratis untuk Koltim yang lebih baik lagi,” pungkasnya. /3

Terkini