oleh

Kadin Kendari Salurkan Bantuan Puluhan Juta Untuk Pelaku UMKM Terdampak Pandemi

-Kendari-287 dibaca

Reporter : Febi Purnasari

KENDARI – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Kendari menyalurkan bantuan stimulus untuk 20 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengan (UMKM).

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada pelaku UMKM oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir di Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Kendari, Selasa, 19 Januari 2020.

“Total bantuan yang kita berikan ini sekitar Rp 30 jutaan, masing-masing bervariatif tergantung kebutuhannya,” kata Ketua Kadin Kota Kendari, Avianto Perdana Pagala.

Menurutnya, bantuan yang diberikan ini sebagai modal untuk pemulihan ekonomi dan modal bagi pelaku UMKM yang terdampak covid-19.

Avianto menuturkan, para pelaku UMKM penerima bantuan ini diantaranya bergerak dibidang usaha barber shop, industri kreatif, serta pegiat usaha kuliner.

“Kemarin kita langsung turun kelapangan, melihat langsung para pelaku usaha yang paling terdampak. Kalau penjual offline kan paling terdampak, sedangkan yang online belum terlalu terdampak,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, pemberian bantuan tahap pertama akan terus dilakukan dari dana yang bersumber dari CSR perusahaan.

“Per dua bulan kami akan kembali memberikan bantuan. Per satu bulan itu kita lakukan seleksi, karena yang mendaftar juga sekitar 300-an orang,” pungkasnya.

Atas bantuan ini, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengapresiasi langkah yang dilakukan Kadin Kota Kendari.

“Tentu kita berharap tidak hanya sebatas memberi bantuan, tetapi yang terpenting juga adalah pembinaan kepada pelaku UMKM agar bisa meningkatkan skill mereka dalam berusaha baik itu kualitas produknya maupun pemasarannya,” jelasnya. /B

Terkini