oleh

Kepala BPKP Sultra Berganti, Ali Mazi: Jalankan Amanah Tugas

-Kendari-871 dibaca

Reporter : Ferito Julyadi

KENDARI – Kepala Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi berganti.

Tongkat estafet jabatan yang sebelumnya dipegang oleh Abdul Azis, kini diberikan kepada Nani Ulina Kartika Nasution yang secara resmi dilantik oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi, Selasa 01 Desember 2020.

Bertempat di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, tepatnya di Aula Merah Putih, Nani disumpah di bawah Kitab Suci Al-qur’an.

Gubernur Sultra, H Ali Mazi, SH dalam sambutannya berharap kepada Kepala BPKP Sultra yang baru agar dapat menjalankan amanah sesuai dengan tugas dan fungsi dengan sebaik-baiknya, serta dapat beradaptasi.

“Untuk Kepala BPKP Sultra yang baru saja dilantik, semoga dapat menjalankan amanah sebaik mungkin. Serta tetap mempertahan segala yang telah dicapai,” ujarnya.

Suasana Pelantikan Kepala Kepala BPKP Sultra. Foto : MEDIAKENDARI.com

Selama ini BPKP Sultra memberi andil besar dalam pencapaian prestasi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) pemerintah daerah. Dimana LKPD Sultra telah memperoleh Opini WTP sebanyak tujuh kali berturut-turut (2013-2019).

Atas capaian tersebut, 04 November 2020 lalu pemerintah Sultra mendapat apresiasi dari pemerintah pusat melalui Kementrian Keuangan RI.

Sementara itu, saat ditemui usai pelantikan, Nani Ulina menuturkan sebagai langkah awal dirinya akan memfokuskan sinergitas baik dengan pihak Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), vertikal, intansi vertikal dan aparat penegaak hukum.

“Dengan sinergi itu, sehingga pencegahan atas penyimpangan keuangan seperti Korupsi dapat kami lakukan,” ucap Nani.

Lanjut Nani, pihaknya juga berencana untuk meningkatkan kualitas kapabilitas APIP sehingga mampu mengawal setiap program di instansi daerah.

Nani juga mengungkapnya, sebagai salah satu langkah awal dirinya akan lakukan kunjungan ke intansi vertikal, dan kepala-kepala daerah untuk menjelaskan terkait strategi-strategi pembinaan yang pihkanya akan lakukan.

“Dengan begitu kita bisa sama-sama membangun tata pola keuangan daerah. BPKP tidak bisa sendirian, jadi kami harapkan kerjasama seluruh pihak,” pungkas Nani.

Terkini