oleh

Kisah Anak Pedagang Ikan Keliling di Kendari Jadi Prajurit TNI AD

-Kendari, NEWS-2.303 dibaca

KENDARI – Dalam menggapai cita-cita setiap individu terus berjuang baik melalui bangku pendidikan maupun sejumlah tahapan untuk mengikuti seleksi tes untuk menggapai cita-cita. Meski berasal dari keluarga yang sederhana dan berkecukupan tak membuat semangatntya pudar dalam mengikuti seleksi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat.

Adalah Arhamudin anak dari penjual ikan keliling di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara yang kini lulus menjadi calon prajurit TNI AD. Sejumlah tahapan ia harus lalui dalam rangkaian seleksi Calon Tamtama Prajurit Karier (Cata PK) gelombang II 2020 yang dilaksanakan pada November ini, diantaranya tes kesehatan, jasmani dan psikologi.

Lulusan SMA Kartika di Kendari ini merupakan salah seorang calon prajurit yang lulus dari 1.073 pemuda yang mendaftar ulang dan akhirnya terjaring 264 orang yang mengikuti seleksi tingkat pusat di Makassar. Dari jumlah tersebut sebanyak 175 orang asal Sulawesi Tenggara dinyatakan lulus dan berhak mengikuti pendidikan Cata PK di Rindam XIV/Hsn, Malino.

“Bersama 175 orang pemuda Sultra lainnya, Arhamudin berhasil lulus seleksi dan berhak mengikuti pendidikan Cata PK di Rindam XIV/Hsn, Malino,”ujar Kepala Penerangan Komando Resor Militer 143/HO, Mayor Arm Sumarsono di Kendari, Rabu (25/11/2020).

Sumarsono menyebut, buah manis capaian dari Arhamudin ini membuka mata bahwa setiap pemuda memiliki hak yang sama untuk membela negara.“Perjuangan tanpa lelah dan doa restu orang tua berhasil mewujudkan cita-citanya untuk mengabdi kepada Negara dan sekaligus mengangkat harkat dan derajat keluarga,”kata Sumarsono.

Ayah Arhamudin, Aludin mengungkapkan sebagai orang tua selalu ingin agar anaknya dapat memiliki pendidikan yang cukup dan meraih cita-citanya menjadi prajurit TNI AD.“Usaha, perjuangan dan doa Arhamudin terkabul oleh Allah SWT, saya sebagai orang tua sangat bersyukur dengan apa yang dicapai Arhamudin,” tuturnya.

Ia berharap agar anaknya selalu diberikan kesehatan dan berhasil menyelesaikan pendidikan serta berhasil dilantik menjadi prajurit TNI AD. Untuk diketahui, 176 Calon Prajurit Tamtama PK Gelombang II 2020 berasal dari berbagai daerah di Sultra yakni Kota Kendari sejumlah 31 orang, Kolaka 40, Buton 65 dan Muna sebanyak 40 orang. (taya)

Terkini