oleh

Meningkat Drastis, Hari Ini Bertambah 42 Kasus Positif Baru Covid-19 di Sultra

Reporter : Febi Purnasari

KENDARI – Kasus pasien positif Covid-19 di Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali mengalami peningkatan yang drastis. Dimana per Rabu 1 Juli 2020 bertambah 42 orang yang dinyatakan positif Corona.

Hal ini disampaikan langsung oleh Juru Bicara (Jubir) Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra, dr La Ode Rabiul Awal yang dimana kasus baru ini berasal dari Kabupaten Kolaka Utara.

“Kasus baru hari ini semuanya dari Kabupaten Kolaka Utara. Ini berasal dari satu orang yang bekerja disalah satu perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan, yang kemudian dirawat dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) kemudian diperiksa hasilnya konfirmasi positif, kemudian dilacak kepada dua orang yang lainnya akhirnya tiga orang. Salah satu dari tiga orang ini kemudian dirujuk ke Rumah Sakit (RS) Bahteramas karena kondisinya yang memburuk tetapi saat ini kondisinya relatif stabil. Jadi 42 kasus ini adalah hasil telusur atau kontak erat dari kasus yang tiga tadi,”ungkapnya.

Jubir yang akrab disapa dr Wayong ini juga mengatakan, adanya penyebaran atau transmisi di RS karena sebagian atau beberapa diantara 42 orang ini merupakan tenaga kesehatan di RS yang ada di Kolaka Utara.

Sementara itu, terkait kasus sembuh, hari ini ada penambahan satu kasus sembuh baru.

“Kasus sembuh hari ini satu orang, yakni dari Kabupaten Buton Utara,”ujarnya

Perlu untuk diketahui, total kumulatif kasus konfirmasi positif Covid-19 di Sultra menjadi 405 orang, yang masih menjalani perawatan yakni 164 orang, kasus sembuh 235 orang dan yang telah dinyatakan meninggal enam orang.

Terkini