oleh

Motivasi Pelaku UMKM Terdampak Pandemi, Pangdam XIV Hasanuddin: Bantuan Modal Bisa Naik, Asal Produktif

-Kendari-254 dibaca

Reporter : Ardiansyah Rahman

KENDARI – Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka memotivasi ratusan pelaku UMKM di Kota Kendari agar tetap produktif mengembangkan usaha di tengah pandemi.

Motivasi itu disampaikan Mayjen TNI Andi Sumangerukka dalam agenda silaturahmi bersama ratusan pelaku UMKM di Aula Makorem 143 Halu Oleo, Rabu, 18 November 2020.

Kepada pelaku UMKM, mantan Danrem 143 Halu Oleo itu menyampaikan agar tetap produktif mengembangkan usaha dengan memanfaatkan bantuan modal usaha yang telah diterima.

Menurutnya, jika pelaku UMKM mampu mengembangkan usaha, maka bantuan modal akan dinaikan diatas nominal yang telah diterima sebelumnya yakni sebesar Rp 2 juta.

“Dapat dinaikan jadi Rp 10 juta hingga Rp 50 juta. Asal pelaku UMKM berinovasi memajukan usahanya. Saya harap pada bulan, tahun depan dapat meningkat, syaratnya kredibel, tepat waktu dan selalu produktif,” tegasnya.

Mantan Kabinda Sultra ini juga menuturkan, tidak hanya nominal bantuan yang akan dinaikan, jumlah pelaku UMKM yang akan menerima bantuan juga akan ditingkatkan dari 600 UMKM menjadi 1000 UMKM.

“Dana yang akan disalurkan itu Rp 2 juta per orang, untuk 600 orang kurang lebih Rp 1,2 miliar, yang disiapkan sekitaran Rp 2 miliar, secara bertahap mencapai 1000 orang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Cabang BNI Kota Kendari, Muh. Yusuf mengatakan saat ini para pelaku UMKM tidak mempunyai kendala terutama pada saat pembayaran berlangsung.

“Sampai sejauh ini persoalan pembayaran berjalan lancar, untuk 1 kelompok itu bervariasi, ada satu kelompok empat orang, ada juga 8 orang,” ungkapnya.

Silaturahmi ini juga dihadiri pejabat utama Korem 143 Halu Oleo dan Kodim 1417 Kendari, serta pihak Bank BNI sebagai penyalur bantuan modal UMKM.

Terkini