oleh

Nama Bupati Muna Berbeda di KTP dan Ijazahnya?

Reporter : Sardin.D

KENDARI – Bupati Kabupaten Muna, LM. Rusman Emba ditengarai berbeda antara nama di Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Ijazah sekolahnya. Hal ini terkuak setelah LM. Rusman Emba mengajukan permohonan perkara perubahan data identitas diri atau nama di Pengadilan Negeri (PN) Raha Kelas II, Kamis 24 September 2020 lalu.

Berdasarkan pengakuan Humas PN Raha, Dio Dera Darmawan, dalam perkara tersebut, isi permohonan yang melakukan ganti nama dari LM. Rusman Untung menjadi LM. Rusman Emba.

Ketua Bawaslu Muna, Al Abzal Naim mengungkapkan terkait perbedaan nama antara KTP dan Ijazah atas jika merujuk pada petunjuk teknis (Juknis) KPU dihalaman 48, KPU melakukan klarifikasi ke sekolah yang bersangkutan untuk menyesesuaikan antara Ijazah dan KTP.

“Tapi saya sudah pertanyakan juga sama KPU terkait perbedaan ini sebelum penetapan pada masa perbaikan berkas. Mungkin KPU berdasar Juknis tadi,” kata Al Abzal Naim Senin 28 September 2020.

Ia mengaku jika mengacu pada juknis KPU, harus terklarifikasi dengan Ijazahnya ke sekolah yang bisa dimuat dalam berita acara klarifikasi.

“Nama di KTP dan Ijazah yang dikeluarkan oleh sekolah yang bersangkutan. Dan terkait berita acara itu maka yang bisa sampaikan adalah pihak KPU,” pungkasnya. (2).

Terkini