oleh

Paskibraka Sultra Dikukuhkan, Siap Kibarkan Merah Putih di HUT RI ke – 75

Penulis : Redaksi

KENDARI – Presiden RI, Joko Widodo mengukuhkan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di Istana Negara Jakarta yang ikuti oleh para Gubernur, Bupati, dan Walikota se Indonesia melalui Video Telecomferent (Vicon).

Dalam sambutan, Presiden Joko Widodo memberikan mandat kepada Gubernur, Bupati, dan Walikota untuk melaksanakan Pengukuhan Paskibra masing masing Provinsi, Kabupaten/Kota.

Pengukuhan Paskibra

Menindak lanjuti hal itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Gubernur, H Ali Mazi, SH langsung menggelar pengukuhan Paskibraka untuk HUT RI ke – 75 di Bumi Anoa, yang berlangsung di Aula Merah Putih Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, Kamis 13 Agustus 2020.

Gubernur Sultra, H Ali Mazi , SH melalui Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sultra, Andi Hamzah mengungkapkan sebelum pengukuhan pasukan, diawali dengan mengikuti pengukuhan paskibraka nasional secara virtual yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Sesuai rencana, kata dia, anggota Paskibraka itu akan menjalankan tugasnya pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 di pelataran Rumah Jabatan Gubernur, yang dihadiri secara terbatas karena alasan protokol kesehatan.

Usai upacara, dilanjutkan dengan mengikuti upacara virtual Pengibaran Sang Merah Putih langsung dari Istana Jakarta di Ruangan Aula Merah Putih, Rujab Gubernur Sultra.

Ia menyebut, para undangan terdiri dari unsur Forkopimda Sultra, Kepala OPD, dan beberapa organisasi kemasyarakatan dengan mengenakan Pakaian Sipil Lengkap (PSL). Sedangkan untuk kegiatan virtual conference menggunakan pakaian adat Sultra.

Suasana Pengukuhan Anggota Paskibra

Selanjutnya, pada pukul 11.00 Wita, acara Sidang Istimewa di Gedung DPRD Sultra. Sore harinya, pukul 17.00 wita, upacara penurunan bendera.

Dalam peringatan HUT Kemerdekaan tahun ini, Pemerintah Provinsi Sultra mengangkat tema “Sultra Sejuta Masker” sebagai bagian dari komitmen pemprov menanggulangi wabah Covid-19

Adapaun nama – nama Paskibraka Sultra yang dikukuhkan yaitu Rangga SMKN 2 Kolaka, Rusli SMAN 1 Konsel, Hans Kristian Hagae SMAN 12 Konsel, Muh. Akhsan Farid Nurdin SMAN 1 Unaaha Konawe, Aditya Tirta Supardi SMAN 4 Kendari, Asri Savira Ria SMAN 1 Kendari, Annisa Nurul Shadrina SMAN 1 Kendari dan Tasya Sundari SMAN 2 Kendari.

Hadir dalam pengukuhan itu antara lain Asisten II Pemprov Sultra Drs. Suharno, M.TP, Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Ashar, sejumlah pelatih paskibraka, pengurus purna paskibraka daerah, dan delapan orang anggota paskibraka.

Terkini