oleh

PDIP Sultra Berhasil Rebut Lima Kemenangan di Pilkada 2020

Reporter : Rahmat R.

KENDARI – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPIP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Lukman Abunawas merasa bangga atas pencapaian PDIP dalam Pilkada 9 Desember 2020 lalu.

Pasalnya, PDIP di Sultra berhasil merebut lima kemenangan dan mengalahkan beberapa partai yang selama ini dominan.

Lukman menyebut, kemenangan PDIP ini masuk urutan kelima secara nasional untuk kemenangan pada Pilkada.

“Alhamdulillah ini sesuai dengan terget. Usungan PDIP di Sultra memenangkan lima daerah dalam pemilihan bupati dan wakil bupati yang berlangsung pada 9 Desember lalu,” ucap Lukman Abunawas saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 16 Desember 2020.

Wakil Gubernur Sultra ini mengaku dirinya langsung melaporkan kemenangan PDIP di Sultra ke DPP PDIP pusat usai keluar hasil Qiuck Qount pada hari pemilihan.

“Sejak hari pertama kita sudah melaporkan hasilnya mulai tanggal 9 Desember malam itu. Jadi begitu ada hasil kita laporkan lagi sampai pada 12 Desember kemarin terkumpul rekap final angka rill. Alhamdulillah hasilnya sesuai data yang masuk dari masing-masing kabupaten,” jelasnya.

Ia membeberkan lima daerah yang dipastikan menang yaitu Kabupaten Kolaka Timur (koltim), Wakatobi, Konawe Utara (Konut), Muna dan Konawe Kepulauan (Konkep). Sementara untuk calon Kada dari PDIP di Buton Utara (Butur) dan Konawe Selatan (Konsel) kalah.

Lukman Abunawas mengungkapkan selama ini Pilkada di Sultra selalu didominasi Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar. Namun pemilihan kali ini PDIP berhasil menggeser dua partai tersebut.

“Atas keberhasilan PDIP Sultra, kami mendapatkan apresiasi dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri,” ujarnya.

Sebagai tambahan, lima Kada yang menang adalah PDI-Perjuangan Kabupaten Wakatobi mengusung Haliana-Ilmiati Daud, Muna mengusung LM. Rusman Emba-Bahrun Labuta, Konawe Kepulauan (Konkep) mengusung Amrullah-Andi Muhammad Lutfi, Kolaka Timur (Koltim) mengusung Samsul Bahri Majid-Andi Merya Nur dan Konawe Utara (Konut) mengusung Ruksamin-Abu Haera. (2).

Terkini