oleh

Pemerhati Sosial Konawe Minta Polda Sultra Netralisasi Pembakaran di PT VDNI

-Kendari-837 dibaca

Reporter : Muh. Ardiansyah Rahman

KENDARI – Demonstrasi yang disusupi oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab, dimana aksi tersebut berujung pada pembakaran gedung maupun alat operasional PT. Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) yang beroprasi di Kabupaten Konawe.

Atas peristiwa tersebut, Pemerhati Sosial Masyarakat Konawe, Rolansyah Arya Pribadi mengatakan diawal gejolak berbicara tentang tuntutan kesejahterahan karyawan. Namun yang bermunculan saat ini, isu etnis pun sudah termaksud dibawah-bawah.

“Ada yang mencoba menganggu kondusifitas di VDNI, dimana dilihat masyarakat sudah ketakutan sekarang. Jangan sampai larinya ke isu-isu sara. Jangan sampai ada kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab yang menunggangi pergerakan dalam permintaan hak kesejahterahan karyawan,” ucap Rolansyah Rabu, 16 Desember 2020.

Pihaknya meminta dari pihak Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan jajarannya untuk dapat menetralisasi atas kejadian tersebut.

Menurutnya, apabila berbicara tentang tuntutan karyawan dan kesejahterahan sampai sejauh ini seharusnya tidak boleh ada pengrusakan.

“Isu yang sekarang dimana melempar isu etnis, sara. Ada isu terkait ada orang luar yang beraktivitas didalam, seperti dari Pulau Jawa, dari Selatan sengaja lagi dihabur isu itu,” jelasnya.

“Nah sebenarnya tidak ada masalah seperti itu, karena masyarakat didalam sudah saling menghargai. Kelompok-kelompok yang menunganggi gerakan kemarin sampai terjadinya kerusuhan, saya fikir itu bagian dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” tambahnya.

Terkini