oleh

Pemkot Kendari Target UMKM ‘Go Digital dan Go Global’ ditahun 2021

-Kendari-184 dibaca

Reporter : Febi Purnasari

KENDARI – Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mentargetkan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan konsep ‘Go Digital dan Go Global’ di tahun 2021.

Hal itu disampaikan Sulkarnain Kadir dalam talk show ‘Kota Kendari Gerbang Kemajuan Ekonomi Sultra’, yang digelar Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sultra disalah satu hotel di Kota Kendari, Senin, 11 Januari 2021.

“Dizaman teknologi yang begitu canggih seperti saat ini, digitalisasi merupakan suatu keharusan. Tidak bisa lagi kita berusaha dengan model konvensional seperti dulu,” kata Sulkarnain Kadir.

Olehnya itu, dirinya meminta tidak hanya kepada pelaku UMKM, tetapi juga kepada konsumen agar dapat beradaptasi dengan teknologi sehingga semua pelayanan bisa dengan satu koordinasi.

“Baik itu marketing, yang mengakses produk dan bahan baku, semuanya dapat terlayani lewat media digital,” ujar Sulkarnain.

Untuk menggenjot target tersebut, kata Politisi PKS ini, ditahun ini, Pemkot Kendari akan menghadirkan e-comerce UMKM Kendari dimana semua data tentang UMKM termasuk juga transaksi bisa dilakukan.

“Ini sementara kita gagas, mudah-mudahan dipertengahan tahun 2021 bisa kita launching. Pemkot Kendari bakal memberi ruang dan akses agar pelaku UMKM ini dapat tumbuh dan berkembang,” jelasnya.

Lewat e-comerce tersebut, lanjutnya, nantinya para pelaku UMKM akan diberikan ruang secara gratis, bantuan dan akses permodalan dan dijamin atmosfir bisnisnya serta marketnya tersedia.

“Karena kita suntik modal sebanyak apapun kalau marketnya tidak tersedia, kita tidak ciptakan, semuanya runtuh,” pungkasnya. /B

Terkini