oleh

Peringati Hari Anti Korupsi se-Dunia, Sulkarnain Paparkan Dua Cara Cegah Korupsi

-Kendari-191 dibaca

Reporter : La Ato

KENDARI – Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir memperingati Hari Anti Korupsi se-Dunia (HAKORDIA) Tahun 2020 tingkat Kota Kendari. HAKORDIA ini diperingati secara nasional setiap 9 Desember.

HAKORDIA yang mengusung tema ‘Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa dalam Budaya Antikorupsi’ dilaksanakan Senin, 14 Desember 2020, disalah satu hotel di Kota Kendari.

Dalam sambutannya, Sulkarnain Kadir memaparkan dua hal yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya korupsi, pertama pembenahan sumber daya manusia, serta membangun dan menghadirkan sistem yang baik.

“Kita perlu melakukan penyadaran dari awal, kemudian saling mengingatkan, melakukan pengawasan dan evaluasi untuk memastikan bahwa yang kita lakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” paparnya.

Menurutnya, sistem yang baik akan mencegah seseorang atau kelompok untuk melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang ada, salah satunya tindakan korupsi.

“Oleh karena itu, inilah semangat yang saat ini kita lakukan. Jika kedua hal ini dapat kita maksimalkan, insyaa Allah kebiasaan melakukan korupsi akan bisa kita hilangkan,” terangnya. /B

Dirinya juga berharap, peringatan HAKORDIA yang dilaksanakan tingkat Pemmerintah Kota (Pemkot) Kendari ini memberikan kesadaran dan motivasi kepada semua pihak agar tetap bekerja tanpa harus melakukan korupsi.

“Karena kita menyadari betul, bahwa saat ini pengawasan sudah sangat luas, tidak hanya dilakukan negara, tetapi masyarakat juga secara individu ikut mengawasi dan mengontrol apa yang kita lakukan,” pungkasnya.

Terkini