oleh

PKM UHO Gelar Giat Dukungan Psikososial Anak dan Remaja

-Kendari-227 dibaca

Reporter : Sardin.D

KENDARI – Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Universitas Halu Oleo (UHO) Kota Kendari menggelar giat dukungan psikososial anak dan remaja di Pantai Batu Gong, Minggu 15 November 2020.

Giat tersebut dilakukan melalui kerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan Panti Sosial Anak dan Remaja Dinas Sosial Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Panti Sosial Anak dan Remaja Sultra, Syahruddin mengatakan PKM-UHO memberikan dukungan psikososial (Psycosocial Support) pada anak yang mengalami gangguan mental-kejiwaan dan sosial selama menjalani isolasi mandiri di Panti.

“PKM-UHO ini dapat mengatasi permasalahan jenuh, bosan, stress, yang dirasakan oleh anak selama masa Pandemi Covid-19 melalui strategi mengatasi masalah (Copying Strategy) yaitu dengan metode memberikan dukungan psikososial pada anak sehingga anak dapat menjadi normal, kembali pulih, dan sehat wal`afiat serta dapat berfungsi secara sosial,” kata Syahruddin dalam rilisnya Senin 16 November 2020.

Ia menuturkan kehadiran tim pengabdian PKM-UHO 2020 diharapkan menjadi solusi untuk mengatasi masalah gangguan psikososial pada anak di UPTD-PSAR Dinas Sosial Sultra sehingga anak diharapkan dapat menjadi sehat, mandiri, dan terbebas dari penularan Covid-19.

“Kegiatan PKM ini merupakan komitmen, kewajiban, tanggung jawab dan kontribusi Universitas Halu Oleo kepada masyarakat mitra untuk mewujudkan anak Indonesia yang cerdas (Smart), sehat, mandiri dan bebas dari penularan Covid-19,” jelasnya.

Ia menambahkan selama pandemi pihaknya tetap mematuhi tiga hal yaitu jaga jarak (social distancing), selalu cuci tangan memakai sabun dengan air yang mengalir dan menggunakan masker (mask) utamanya jika berinteraksi sosial dengan orang lain di luar asrama. (3).

Terkini