oleh

Polda Sultra Bentuk P2L Bantu Ketahanan Pangan

Reporter : Andri Sutrisno

KENDARI – Bhayangkari Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Pangan Kemala (PAKEM), yang bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan, membuat kebun bibit serta Pekarangan Pangan Lestasi (P2L), dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar pekarangan rumah maupun kantor Polres Kendari.

Ketua Bhayangkari Sultra, Peggy Yan Sultra mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan lahan kosong agar lebih produktif dan membantu krisis pangan di tengah pandemi Covid-19.

“Diluas tanah 702 meter persegi yang awalnya hanya lapangan yang penuh dengan rumput, saat ini kami membuat lahan produktif dengan rumah bibit, kolam ikan dan hidroponik,” ucap Peggy, Kamis 17 Desember 2020.

Ia menyebut, dengan tanah seluas 702 meter persegi, KWT menanami 14 macam jenis sayuran dan 10.360 benih yang sudah menjadi bibit, serta 1.000 bibit ikan lele dan nilam.

“Proses penanaman dan pemeliharaan pun dilakukan oleh Bhayangkari, dengan melibatkan sekitar 30 anggota Bhayangkari,” jelasnya

Ditempat yang sama, Kapolda Sultra, Irjen Pol Yan Sultra Indarajaya menambahkan dirinya sangat mendukung dengan terbentuknya P2L. Menurutnya, dengan adanya kelompok Bayangkari itu, sejalan dengan program Kapolri dalam ketahanan pangan.

“Kegiatan ini sesuai dengan kebijakan Kapolri, tentang pemanfaatan lahan Polri yang tidak produktif untuk dapat diolah menjadi lahan produktif, sehingga dapat mendukung ketahanan pangan,” ujarnya. (c).

Terkini