oleh

Prakiraan Gelombang Tinggi Tiga Hari ke Depan, BMKG: Waspadai Empat Wilayah Perairan Ini

-Kendari-846 dibaca

Reporter : Ferito Julyadi

KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari memperingatkan adanya potensi angin kencang dan gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan selama tiga hari kedepan.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Adi Istyono dalam keterangan persnya, menyebut angin kencang dan gelombang tinggi diperkirakan terjadi 4-7 Desember 2020.

“Kecepatan angin tertinggi diperkirakan terjadi di perairan Baubau bagian selatan dan perairan selatan Wakatobi bagian barat,” kata Adi Istyono, dalam keterangannya, Jum’at 04 November 2020.

Menurutnya, fenomena tersebut diakibatkan siklus tropis burevi yang berakibat secara tidak langsung membentuk pola angin yang umunya dari barat laut hingga timur laut dengan kecepatan 2-20 knot.

Sementara itu untuk prakiraan terjadinya gelombang tinggi, kata Adi, diperkirakan terjadi di perairan Baubau bagian selatan, Wakatobi bagian barat, dan Wakatobi bagian barat, Banggai bagian utara dan selatan.

“Empat wilayah perairan Sultra itu berpeluang alami gelombang tinggi antara 1.25 – 2.5 meter. Kepada masyarakat yang tinggal dan beraktifitas di pesisir sekitar area itu kami mohon agar tetap selalu waspada,” pesan Adi.

Selain gelombang tinggu dan angin kencang, pada 5 Desember 2020, BMKG Sultra memperkirakan adanya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disejumlah daerah di Sultra, mulai pagi hingga malam hari.

Daerah tersebut diantaranya Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara, Kendari, Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan dan Muna.

“Hujan yang terjadi berpotensi disertai guntur dan angin kencang. Kepada masyarakat juga kami imbau agar tetap waspada dan persiapkan diri dengan kondisi cuaca tersebut,” tutupnya.

Terkini