oleh

Rekap Suara Seluruh TPS di Muna Tuntas, Paslon ‘Terbaik’ Raih Hasil Terbaik

Reporter : Febi Purnasari

KENDARI – Rekapitulasi hasil penghitungan suara KPU menggunakan metode rekapitulasi elektronik (e-Rekap) di pemilihan kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Muna telah selesai.

Berdasarkan pantauan MEDIAKENDARI.com dilaman resmi KPU, data yang masuk per Senin, 14 Desember 2020, pukul 02.30 WITA, telah mencapai 100 persen atau dari seluruh TPS yakni sebanyak 409 TPS.

Hasilnya, Paslon nomor urut 01 yakni Rusman Emba – Bahrun Labuta yang mengusung akronim TERBAIK, unggul dengan perolehan 64.221 suara atau dengan persentase 53,4 persen.

Sementara itu untuk rivalnya, yakni paslon nomor urut 02 LM Rajiun Tumada – La Pili yang mengsung akronim RAPI berada di posisi dua dengan perolehan 56.008 suara atau 46,6 persen.

Sebagai catatan, data yang ditampilkan pada menu hitung suara di laman resmi KPU adalah data hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim KPPS melalui aplikasi Sirekap.

Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C.Hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan oleh penyelenggara Pilkada dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

Selain itu, apabila terdapat perbedaan data yang terbaca oleh Sirekap dengan data yang tertulis pada Formulir C.Hasil-KWK, akan dilakukan koreksi pada Sirekap web tingkat kecamatan.

Data yang ditampilkan pada menu hitung suara, bukan merupakan hasil resmi yang ditetapkan KPU, karena penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka. /B

Terkini