oleh

Semarak Hari Ibu, Ratusan Perempuan di Kota Kendari Jalani Rapid Tes

-Kendari-198 dibaca

Reporter : Febi Purnasari

KENDARI – Sebanyak 106 perempuan dari berbagai kalangan menjalani rapid tes gratis, yang digelar dalam rangkaian Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-92 Tahun 2020, yang diperingati pada 22 Desember mendatang.

Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain mengatakan, pihaknya menyelenggarakan kegiatan ini sebagai tindak lanjut program PKK Pusat.

“Jadi kegiatan rapid test gratis untuk kaum perempuan ini merupakan rangkaian kegiatan hari ibu untuk di Kota Kendari. Dan program dari pusat yang kemudian diturunkan ketingkat provinsi dan kota,” kata Sri Lestari ditemui disela kegiatan, Kamis, 17 Desember 2020.

Menurutnya, jika ditemukan ada peserta rapid tes yang diketahui hasil testnya reaktif, maka akan diserahkan penanganan tes selanjutnya ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari untuk PCR.

“Kalau ada yang hasilnya reaktif, tentu saja ini kewenangan Dinkes dan biasanya akan dirujuk untuk PCR supaya lebih detail. Karena kalau PCR kan semua virus yang ada dalam tubuh terbaca dan lebih spesifik,” terangnya.

Sri mengungkapkan, pihaknya awalnya mentargetkan peserta rapid tes sebanyak 225 perempuan yang berasal dari pengurus PKK se-Kota Kendari, Dharma Wanita Sekota Kendari, Dekranas Kota Kendari, kalangan remaja, wanita lansia.

“Jadi yang hadir ini hanya sekitar 90 persen saja. Sebagian ada yang izin, ada yang sakit. Makanya subuh tadi saya memberikan sample rapid sendiri, dan saya sampaikan tidak perlu khawatir dan takut karna ini bukan aib,” pungkasnya. /B

Terkini