oleh

Sering Demo Tambang Galian C, Kepala BWS Kendari : Rekomtek Itu Bukan Ijin

Redaksi

KENDARI– Maraknya penambangan galian C yang hanya mengunakan Rekomendasi Teknis mendapatkan perhatian khusus dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari.

Kepala BWS Sulawesi IV Kendari, Haeruddin C Maddi mengatakan Rekomendasi Teknik (Rekomte) yang keluar dari BWS masih perlu ditindak lanjuti untuk mendapatkan Ijin penambangan di wilayah sungai yang menjadi program strategis nasional.

“Pertimbangan Rekomtek itu dari BWS kalau sungai lokasi tambang galian C masuk dalam strategis nastonal. Dan itu hanya rekomtek saja. bukan ijin,” jelasnya.

Untuk mendapatkan ijin, jelas Haeruddin, rekomtek BWS harus ditebuskan ke PTSP dan Dinas SDM agar diberikan ijin operasi. Hal tersebut agar wilayah sungai tidak mengalami kerusakan.

“Masyarakat terlebih dahulu mengajukan rekomtek ke kita, nantinya kita tinjau ke lapangan apa bisa atau tidak,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, untuk saat ini sudah terdata belasan pemohon untuk mendapatkan Rekomtek dari BWS.

“Saya ingin ke depan rekomtek langsung di sampaikan ke PTSP dan Dinas SDM, jadi mereka bisa langsung berkomunikasi ke sana untuk ijinnya. Dan belum bisa menambang kalau baru rekomtek, harus ijin jadi harus segera melakukan pengurusan,” pungkasnya.

Terkini