oleh

Vaksin Tahap Kedua di Sultra Masih Untuk Nakes di Dua Daerah Ini

Reporter : Ferito Julyadi

KENDARI – Vaksin Covid-19 tahap kedua di Sulawesi Tenggara telah tiba pada 22 Januari 2021. Sebanyak 22.960 dosis diterima Dinas Kesehatan Sultra.

Plt. Kadis Kesehatan Sultra, Husnia mengatakan, puluhan ribu vaksin tersebut masih diperuntukkan bagi tenaga kesehatan yang memang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19.

Pramuka

Ia juga mengungkap, Kota Kendari dan Kabupaten Konawe masih menjadi dua wilayah yang akan mendapat suplai dosis vaksin tersebut.

Untuk pasokan vaksin bagi daerah lain di Sultra, ia mengaku masih menunggu arahan dari pemerintah pusat.

“Sampai saat ini instruksi yang kami terima masih sama, realisasinya untuk nakes di dua Kabupaten yakni Kendari dan Konawe,” katanya kepada MEDIAKENDARI.COM melalui telepon selulernya pada Sabtu, 23 Januari 2021.

“Kami selalu menunggu instruksi pusat. Berapa dosis yang akan disuntikan, daerah mana saja, dan siapa saja yang menerimanya itu semua tergantung instruksi pusat. Realisasi vaksin ini tidak bisa asal-asalan,” tambahnya.

Sebelumnya pada tahap pertama 5 Januari 2021 lalu, Dinkes Sultra mendapat pasokan 22.400 vaksin Sinovac. Vaksin tersebut lalu didistribusi ke Kota Kendari sebanyak 8.680 dosis dan Kabupaten Konawe 3.600 dosis.

Realisasi vaksinasi yang dimulai serentak sejak 14 Januari 2021 lalu di dua wilayah tersebut berdasarkan data Dinkes Sultra per 22 Januari 2021 sebanyak 1.425 dosis telah disuntikkan. Kota Kendari sebanyak 1.080 vaksin dan Konawe sejumlah 345 dosis yang disuntikkan kepada para tenaga kesehatan. (b)

Terkini