Wagub Sultra Bantu Pembangunan Masjid Raja Ismail Wawonii

Reporter : Rahmat R

KENDARI – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Minggu 02 Agustus 2020.

Kunjungan kerja dirangkaikan dengan ppeletakkan baru pertama pembangunan Masjid Al-Ismail di Desa Lapulu Kecamatan Wawonii Timur Kabupaten Konkep.

Masjid ini merupakan masjid pertama di Pulau Wawonii yang ditinggalkan oleh Raja Ismail atau raja terakhir di pulau tersebut. Raja ini juga dijuluki Lakina Wawonii dan mendorong masjid tua tersebut sejak tahun 1927.

Dalam sambutannya, Lukman Abunawas mengatakan sebagai bagian dari keluarga di Wawonii, dirinya wajib membantu pembangunan masjid yang ditinggalkan oleh leluhur tersebut.

Ia mengungkapkan dahulu kala Pulau Wawonii atau saat ini dikenal sebagai Konkep merupakan pusat agama Islam karena lokasinya yang sangat dekat dengan Pulau Buton dan Pulau Menui.

“Dulu orang tua kita penyebaran agama Islam ini lewat laut dan berdagang,” ujar Lukman.

Setelah itu, ia menyinggung soal bantuan untuk pembangunan masjid bersejarah tersebut.

“Terkait dengan bantuan jangan lihat besar dan kecilnya. Karena ini bernilai ibadah, kita hidup sementara soal harta, jabatan dan lain-lain kita akan tanggalkan,” terang orang nomor dua di Bumi Anoa ini.

Ia bilang, hari ini masyarakat memulai pembangunan dengan meletakkan batu. Sehingga secepatnya bisa rampung.

“Mudah-mudahan Insya Allah tarawih kita bisa manfaatkan masjid ini, ” harap Lukman.

Dalam acara ini juga Lukman menyerahan bantuan untuk masjid sebesar Rp 20 juta dan semen 50 sak.

Sebagai Ketua DMI, ia juga menyalurkan alat disinfektan dua dos. Selain itu ada juga 52 buah kitab suci Al-Quran.

Acara ini sekaligus dirangkaikan dengan pengobatan gratis yang merupakan kerjasama antara LA Center, Kapal Kemanusiaan 05 Sultra, Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) dan Yayasan Muslim Asia dan Muadz Bin Jabal.

Wagub juga didampingi oleh Ketua LA Center yang menjabat sebagai Ketua Karo Kerjasama Setda Sultra, Harmin Ramba dan Pribadi Ishak Ismail yang saat ini menjabat Ketua DPC PDIP Kota Kendari.

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total