oleh

Waspada Penipuan! Prakerja Gelombang 12 Belum Dibuka

-Kendari-229 dibaca

Reporter : Hardiyanto 

KENDARI – Beredarnya link melalui pesan WhatsApp terkait Program Prakerja Gelombang 12 yang sudah dibuka dibantah pihak pengelola Program Prakerja.

Pengelola Program Prakerja mengatakan link yang banyak disebar melalui WhatsApp tersebut bukanlah situs resmi. Pihak pengelola mengatakan situs tersebut palsu.

“Untuk link tersebut mohon diabaikan saja dikarenakan link tersebut bukan dari link resmi dari Prakerja,” terang Alam selaku Contact Centre Prakerja melalui telepon pada Senin, 18 Januari 2021.

Ia mengatakan, situs resmi Program Prakerja yakni www.prakerja.go.id. Selain itu, ia menegaskan informasi pembukaan Prakerja Gelombang 12 sampai saat ini belum terbuka.

“Untuk itu masyarakat diimbau agar selalu waspada terhadap segala bentuk penipuan dan selalu mengacu pada domain situs resmi kartu prakerja yang berakhiran go.id,” tegasnya.

Sementara itu, melalui akun resminya di Instagram @prakerja.go.id, pengelola program ini meminta masyarakat untuk berhati-hati jika ada pihak yang mengatakan gelombang 12.

“Jika gelombang 12 sudah dibuka maka akan diinfokan. Untuk info lengkap hanya ada di website resmi prakerja.go.id,” terang pengelola prakerja dikutip di akun resmi instagramnya.

Di dalam link yang mengatasnamakan program prakerja http;//dashboard.prakerja12.xyz/?gel=12 mengatakan bahwa kartu prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

“Bantuan dana sebesar Rp.600.00 akan diberikan setiap bulan selama program ini berjalan dan layanan ini tidak dikenakan biaya apapun (Gratis),” demikian redaksi yang tertulis di link tersebut.

Jumlah pendaftaran di link prakerja tersebut terus bertambah dan sudah mencapai ratusan ribu orang.

Setelah ditelusuri, dalam link prakerja gelombang 12 ini juga disertakan panduan cara pendaftaran melalui situs tersebut.

Dalam situs tersebut dikatakan bahwa bantuan akan dikirim setiap bulan selama program berjalan. Para pendaftar diharuskan mengisi form data diri secara lengkap.

Selanjutnya pendaftar diharuskan membagikan informasi tersebut ke lima grup dan 20 tean melalui aplikasi WhatsApp yang sudaht tersedia dalam link tersebut. Kemudian, peserta diarahkan melakukan pendataran tahap 2. (b)

Terkini